Saturday 29 September 2007

Ketika kepuasaan Pembaca menjadi Credo


"Trends, situation, condition, and interpretations are news." (Neal, 1968)


Teman-teman, sebagai pembaca media massa kita ini menjadi pasar. Pembaca mempunyai arti yang sangat penting bagi sebuah koran dan majalah. Di samping menentukan pemasukan penjualan, ia juga mempengaruhi pemasukan iklan. Sebuah perusahaan tidak akan mau memasang iklannya di majalah atau surat kabar yang memiliki pembaca yang sedikit. Semua berita adalah informasi, tetapi tidak semua informasi adalah berita. Berita adalah informasi yang mengandung nilai berita yang telah diolah sesuai dengan kaidah - kaidah pada ilmu jurnalistik dan yang sudah disajikan kepada khalayak melalui media massa periodik baik cetak maupun elektronik. Realitas dalam masyarakat seperti peristiwa, pendapat, masalah hangat dan masalah unik akan menghasilkan fakta. Fakta tersebut disebut sebagai berita jika sudah disajikan kepada khalayak melalui media massa. Sumber informasi karya jurnalistik adalah peristiwa,pendapat yang mengandung nilai berita, masalah hangat ( current affairs ) dan masalah atau hal yang unik dan menarik yang ada dalam masyarakat. Berita adalah uraian fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita. Sedangkan masalah hangat ( current affairs ) adalah penjelasan dari narasumber yang relevan tentang suatu masalah hangat yang muncul di tengah masyarakat. Disebut current affairs karena masalah yang menjadi topik pembicaraan tersebut diambil sebagai akibat adanya isu yang belum pasti baik sumber atau kebenarannya.
Berita hanya menyajikan fakta/pendapat yang mengandung nilai berita secara informatif faktual. Perbedaan sifat medium/sarana cetak,film, radio dan Televisi merupakan perbedaan mendasr yang membentuk cirikhas pada karya jurnalistik. Khusus untuk berita radio dan televisi harus diusahakan agar narasumber yang relevan dapat tersaji secara langsung dan orisinal agar tidak dijadikan uraian dalam bentuk pendapat.
Uraian fakta yang nilai beritanya kuat, yaitu yang nilai beritanya penting, sangat menarik, dan penting sekaligus menarik harus disajikan secepatnya kepada khalayak. Berita kuat dan berita mendalam bersifat timeconcern, yaitu penyajiannya sangat terikat pada waktu, dalam arti makin cepat disajikan makin baik, Sumber beritanya berasal dari peristiwa yang terjadi hari ini (news of the day) dan mengandung nilai berita. Berita, baik berita kuat, mendalam maupun berkala hanya menyajikan fakta atau pendapat secara informatif, faktual dan aktual. Apakah berita itu tersaji cepat atau lambat kepada khalayak,sangat terkandung nilai berita yang dikandungnya.

Berita radio jauh lebih praktis dan sederhana dalam penyajian secepatnya kepada khalayak karena hanya menyajikan suara saja. Tetapi untuk berita Televisi, selain menyajikan suara juga menyajikan gambar sehingga jauh lebih rumit. Akan tetapi, jaringan televisi CNN telah membuktikan bahwa hambatan kerumitan itu ternyata dapat diatasi dengan sarana pendukung elektronik ( kabel/serat optik, microwave/terestrial, uplink mini, field pick up dan SDM yang memiliki jiwa profesionalitas tinggi). Sejak 1 Juni 1980, jaringan Televisi CNN menyiarkan karya jurnalistik TV selama 24 jam setiap hari, baik berita maupun penjelasan masalah hangat ( current affairs), dengan sasaran khalayak seluruh dunia dengan motto " We're gonna on the air June 1, and we're gonna stay on until the end of the world. When that time comes, we'll cover it, play nearer my God to Thee, and sign off"( Whittemore,1990)

Motto itu telah memacu semangat kerja crew CNN sehingga hanya dalam waktu sepuluh tahun, CNN telah mampu menguasai masyarakat dunia. Secar eksklusif, CNN selalu menyajikan karya jurnalistik yang menarik dan relevan bagi khalayak dunia dalam format siaran berita televisi secara live. Peristiwa - peristiwa dan pendapat - pendapat yang terjadi di dunia, bahkan di ruang angkasa. Terhadap berita, CNN ( Ted Turner ) memperlakukannya " to do news like the world has never seen news before."
Teman-teman, Inilah informasi tentang berita yang berhasil aku dapat di perpus tadi siang. Mudah-mudahan dapat sampeyan jadikan referensi untuk menelaah berita dengan cermat. Semoga pemahaman saya tentang segi "menarik dan relevan dalam berita" ini tidak menjadi keengganan sampeyan untuk membaca koran.he.he.he keep your spirit for wake up and learn. Angkat gelas dan bersulang.

daftar pustaka
Wahyudi, JB. Dasar - Dasar Jurnalistik Radio dan Televisi, PT Gramedia Pustaka
Utama,Jakarta. 1992.

No comments: